MENYELARASKAN NADA GITAR

Menyetem Nada Gitar



1. Senar Gitar

Pada Gitar Modern terdapat 6 senar. Untuk bisa menghasilkan suara yang indah dan sesuai kita harus melakukan stem gitar. Tapi sebelumnya kita harus mengenal urutan dan nada yang dikeluarkan dari setiap senar.

Senar Pertama atau paling bawah. Senar ini sering disebut senar E karena jika dipetik tanpa ditekan maka nada yang keluar adalah nada E.

Senar Kedua atau kedua dari bawah. Senar ini sering disebut senar B karena jika dipetik tanpa ditekan maka nada yang keluar adalah nada B.

Senar Ketiga atau ketiga dari bawah. Senar ini sering disebut senar G karena jika dipetik tanpa ditekan maka nada yang keluar adalah nada G.

Senar Keempat atau keempat dari bawah. Senar ini sering disebut senar D karena jika dipetik tanpa ditekan maka nada yang keluar adalah nada D.Senar Kelima atau kelima dari bawah. Senar ini sering disebut senar A karena jika dipetik tanpa ditekan maka nada yang keluar adalah nada A.

Senar Keenam atau paling Atas. Senar ini sering disebut senar E karena jika dipetik tanpa ditekan maka nada yang keluar adalah nada E (sama seperti senar pertama).


2. Stem Gitar.

Menyetem gitar atau menyelaraskan nada pada senar bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya:

1. Menyetem dengan Piano.

2 Menyetem dengan Garfu tala.

3. Menyetem dengan Feeling atau perasaan.

Cara yang ketiga yang akan kita bahas adalah cara yang paling umum dilakukan.

Tahap tahap stem dengan Feeling:



Menyelaraskan nada Gitar
Pengertian Gitar
Teknik main Gitar
Tutorial tentang Gitar